Jumat, 15 Mei 2015

MEMPERBAIKI DAN MENGENALI PENYEBAB VGA CARD YANG ARTEFAK

Sore Guys !! ciee yang gak bisa ngegames lagi karna VGAnya artefak.. hehehe... makanya cari2 di mbah "CARA MEMPERBAIKI VGA YANG ARTEFAK".. VGA yang artefak itu memang nyebelin banget guys.. lagi enak2 main ehh malah kaya ada bercak bercak seperti hujan, badai, petir di layar monitor.. Oke guys tanpa basa basi lagi mari kita bahas gimana sihh cara memperbaikinya??

Sebelum kita memperbaikinya kita harus mengenal penyebabnya terlebih dahulu... biasanya penyebab vga artefak yaitu Driver minta di update, BIOS VGA minta di update, ada jalur VGA card yang terputus, VGA OVERHEAT..

Hasil gambar untuk vga artefak

1. Driver Vga sudah terlalu usang/ minta di update
   Kalo permasalahan kalian hanya di driver saja cara memperbaikinya ya tinggal di update saja driver versi terbarunya.. dengan cara download saja update driver otomatis seperti Driver easy, Driver Booster dll... atau bagi kalian yang menggunakan VGA chipset NVIDIA GEFORCE tinggal cari saja driver sobat di mari http://www.geforce.com/drivers disitu sobat bisa langsung update otomatis driver VGA sobat ataupun download secara manual.. kalau ATI RADEON gue gatau soalnya gue GEFORCE lovers hehe.. setelah di update (Download dan Instal) Restarlah PC kalian, ada perubahan atau tidak.

2. BIOS VGA minta Update..
  Kalo penyebabnya ini jarang terjadi, karna hanya VGA card yang sudah cukup lumayan lama yang minta update BIOS.. kalo permasalahan sobat disini silahkan cari cara mengupdate BIOS di blog lain saja.. soalnya gue belum pernah coba...


3. Ada jalur VGA yang terputus
  kalo yang satu ini masalahnya pada hardwarenya, cara mengeceknya lepaskan VGA card pada motherboard sobat, lalu cek seluruh jalur vga sobat apakah ada yang terputus atau tidak.. jika tidak maka bukan pada point ini lah masalah vga sobat, tapi jika ada sambunglah ja;ur yang terputus menggunakan Solder batang dan timah. 

4. VGA OVERHEAT
  Permasalahan pada point ke-4 ini adalah masalah yang paling sering terjadi.. VGA OverHeat bisa terjadi karena Kinerja Kipas Vga yang mulai melemah, Thermal Paste yang sudah mengering dll... cara memperbaikinya adalah dengan cara memanaskan Chipset VGA sobat.. ada beberapa cara untuk memanaskan Chipset VGA sobat dan cara cara ini juga berdasarkan pengalaman gue dan dengan hasil yang memuaskan..
        >> Memanaskan menggunakan Blower atau solder uap,(RECOMMENDED) caranya buka HeatSink fan VGA sobat dan bersihkan sisa sisa cairan thermal pastenya.. berilah cairan FLUX ke bagian yang akan anda Blow(yang akan di blow adalah bagian Chipset dan sekitarnya), cairan Flux ini guna mencegah panas yang berlebihan yang diterima oleh VGA, dan Blowlah dengan Panas yang cukup. setelah itu pasangkan kembali HeatSink fan dan jangan lupa di beri Thermal Paste..
     >> Menggunakan Setrika baju, caranya buka HeatSink fan VGA sobat dan bersihkan sisa sisa cairan thermal pastenya.. lalu lapisi bagian atas vga (Chipset VGA) dengan 3 helai kain.. lalu setrikalah VGA agan dengan panas yang maximal (tergantung dari jenis setrikanya, kalo setrika gue menggunakan panasa yang maximal).. selama beberapa menit.. setelah itu pasangkan kembali HeatSink fan dan jangan lupa di beri Thermal Paste. (ara ini pernah gue coba dan berhasil akan tetapi 2 bulan kemudian vga artefak lagi..)
       >>jika sobat berketerbatasan dengan alat, sobat bisa jemur saja vga sobat dibawah terik matahari yang dialaskan dengan kertas alumunium... (cara ini pernah gue coba dan berhasil akan tetapi 1 minggu kemudian vga artefak lagi..
     catatan :: sebelum sobat memanakan Chipset VGA bersihkanlah vga dari debu
                    gantilah kipas vga sobat dengan Rpm yang lebih cepat..


Oke sekian dari gue semoga bermanfaat... kalo ada yang mau tanya corat coret aja dibawah ...




8 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih, sangatlah membantu..

AGUS DHARMA mengatakan...

Thank's gan ilmunya..akhirnya vga ane normal lagi setelah distrika..awal masalahnya saat main game tiba2 artifak garis biru2 sy coba restar masuk bios bisa tapi banyak garis birunya acak2kan ane coba masuk window malah blank hitam dan ane tes vga lain normal2 aja dan akhirnya ane putuskan ntuk coba ilmu agan dan akirnya vga ane normal lg..mudah2an vga ane bisa awet hehehe...

apakek mengatakan...

Sama sama gang :)

apakek mengatakan...

Sama sama gang :) , Moga awet dah vganya.. Thanks Udah Mampirr

Joko Marbun mengatakan...

kalo laptop Acer yg VGA nya nVidia OverHeat bisa di baikin ga, brapa biaya nya gan

Android_G mengatakan...

performa VGA mengurang ngga jika sudah terkena penyakit ARTEFAK ??

Combro mengatakan...

Bro saya mau Nnaya nih ane pake VGa Radeon r7 tapi pas main game. Display Driver amd Driver Stopped Responding and has Successfully Recovered- Terus game nya keluar

Combro mengatakan...

Itu kenapa iya kira" bro